26
Feb
09

Kebaya dan Batik untuk ibu dan camer…

Minggu kemaren akhirnya sempet juga pergi sama mas hunting dan beli bahan buat seragam ortu dan camer. Jam 10 udah keluar dari kost langsung meluncur ke JMP, nyampe sana lumayan sudah banyak yang buka dan keliling2lah kita hehehehe…setelah masuk ke bebrapa toko akhirnya kita ke Plaza Textile. Lumayan gampanglah cari warna nya, aku sama mas sepakat pake warna coklat tembaga buat ibu2 kita. Yuhuuui….dapet deeehhh warnanya cantik banget! Potonya nyusul ya…sekedar info aja di Plaza Textile ini sudah harga pas jadi ga usah bingung buat nawar karena harganya emang selisih koq dari toko laen. Kemaren aku di layanin sama mbak Ivon (bener ga sih tulisannya…?). Untuk bahan kebaya buat ibu2 ini aku dapet 89 ribu per meter nya. Baru setelah itu aku berpusing ria cari bahan buat mbak iparku…nah ini yang bener2 bikin pusing. Cari warna turunan coklat tembaga dan ngepasin ma warna kulit mbak iparku sekalian ntar biar gampang juga cari pasangan batiknya buat suaminya. Awalnya dapet warna krem tapi ternyata setelah di ukur tuh bahan ga nyampe 2 m sodara2…..huhuhu. Jadilah cari warna laen dan taraaaaaaaaa….dapet warna kunyit matenyang canteeek dengan harga 59rb per meter.

Dan setelah itu aku sama mas langsung ke MIROTA buat cari padanan batiknya. Toeeeeng…susyah banget cari padanannya! Kalo sekedar warna banyak, tapi ini harus nyesuaikan motif juga. FYI, untuk membeli kain batik meteran (bahan apapun, sutra kek, semi sutra ato katun) perhatikan bener2 motif kainnya. Kenapa??? Biarpun kita sudah punya patokan ukuran buat baju, misal biasa pake 2 meter buat 1 kemeja, untuk bahan batik ini harus hati2 pilih dan belinya. Karena ada bebrapa motif yang mengharuskan kita beli lebih biar pada saat di bikin,motif yang ada itu nyambung. Bahasa gampangnya, biar penjahitnya gampang ngatur motifnya. Ga mau kan setelah jadi tuh baju gambarnya zig zag ga karuan…hihihi! Untuk bahan yang kayak gini biasanya motif nya sejenis gambar burung, bunga, batik yang besar2 yang hanya di bebrapa bagian ( ga full motif).  Kalopun terpaksa pilih bahan motif kayak gitu, paling ga bila biasanya pake 2 meter, kita harus beli 3 meter ato ngitung motifnya. Buat patokan aja, motif besar di kemeja itu biasa di taruh di bagian punggung, dada atopun lengan. Aku sih cari aman aja…cari motif yang nyebar. Dan dapetlah bahan semi sutra seharga 50rb per meter dengan warna yang cocok banget di paduin sama bahan kebaya ibu2 ituuu…. habis itu baru deh cari bahan buat suaminya mbk iparku alias masku dewe hihihi…dan dapet! Bahan punya masku ini sengaja aku lebihin 1 meter untuk si kecil Rafky..biar seragam aja. Lucu banget kali ya kalo si ndut 2,5 tahun itu pake batik hikikiki….

Ga kerasa udah jam setengah 5 sodara2, busyeeet dah kita di Mirota selama itu?? 4 jam! Asli betah banget di situ….ga cuma keliling cari kain batik tapi seneng juga liat pernah pernik nya.


2 Responses to “Kebaya dan Batik untuk ibu dan camer…”


  1. 1 mia
    April 30, 2009 at 3:00 am

    mba’ kamu jahitin kebaya akadmu dimana? bgi2 dunk? kalo da info yang di surabaya juga

  2. December 4, 2014 at 12:23 pm

    Hi there, constantly i used to check blog posts here in the early hours
    in the break of day, since i love to learn more and more.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: